Home Karya Pemuda Muslimah Notes Muslimah Dalam Peradaban

Muslimah Dalam Peradaban

605
0
source: www.freepik.com

“Dan hendaklah takut kepada Allah, orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS. An-Nisa : 9)

Siapa bilang wanita tidak punya peran? Jika dunia saat ini memandang wanita sebagai kaum nomor 2, maka Islam tidaklah demikian. Islam memandang kaum muslimah sebagai makhluk yang mulia, yang juga mengemban tugas mulia.

Islam, menempatkan wanita justru sebagai kunci dari lahirnya sebuah generasi. Di tangannya, cikal bakal pembangun peradaban akan lahir. Maka, sudah seharusnya wanita punya keimanan dan intelektual yang tinggi, karena ditangannya lah pendidikan generasi itu akan diawali. Ada beberapa peran muslimah bagi pembentukan generasi peradaban:

  1. Membina generasi dengan tsaqafah Islam: Seperti menguatkan identitas keislaman, membentuk akidah yang kokoh.
  2. Membangun kesadaran umat dan generasi: Seperti memahamkan islam sebagai solusi kehidupan dan membangung kebanggaan terhadap sejarah Islam.
  3. Menanamkan kesadaran geopolitik Islam pada generasi: Seperti mengajarkan ukhuwah islamiyah, mengajarkan ruang lingkup umat yang strategis termasuk juga sejarah futuhat.
  4. Mencerdaskan generasi dengan bidang ilmu yang bermanfaat: Seperti mengajarkan ilmu yang menunjang kehidupan dan menerapkannya sebagai ilmu yang bermanfaat bagi umat.

Generasi pembangun peradaban Islam tidak akan lahir dari muslimah-muslimah yang tidak punya visi dan misi Islam. Visi dan misi tersebut harus dibangun dari kesadaran yang kuat akan arah jalan Islam dan ketakwaan kepada Allah.


Penulis: Vilda Sintadela

Referensi: Komara, Fika & Tim. 2020. Geopolitik Ibu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here