Home Karya Pemuda Istiqamah Health Corner Asyiknya Jalan Kaki!

Asyiknya Jalan Kaki!

289
0
source : www.freepik.com

Yuk berjalanlah! agar tubuhmu sehat. Bergeraklah! Jangan jadikan dirimu kaum rebahan yang mudah sakit-sakitan. Sadarkah kita jika merutinkan kebiasaan generasi z seperti; bangun tidak segar, bekerja atau sekolah mudah sekali mengantuk, makan-makanan siap saji, tidur larut malam, kemudian siklus itu berulang. Alhasil penyakit-penyakit aneh nan mengerikan pun bermunculan, sebut saja seperti kanker, penyakit jantung koroner, paru-paru obstruktif.

Salah satu cara yang sering diremehkan dan ditinggalkan adalah berjalan. Kurangnya kita dalam bergerak. Bagaimana ketika punya cita-cita memiliki tubuh yang sehat, tapi jalan ratusan meter saja harus naik kendaraan?. Apabila kita menarik waktu ke belakang, melihat Rasulullah dan para sahabatnya, setiap hari berjalan berkilo-kilo meter. Bahkan saat berhijrah dari Mekkah ke Madinah dengan jarak 800 km atau kurang lebih 6 kalinya jarak dari Bandung ke Jakarta! MasyaAllah! Lihatlah tubuh mereka para pendahulu; kekar, sehat dan bugar yang salah satu sebabnya adalah karena banyak berjalan.

Ada banyak keajaiban dari banyaknya kita berjalan, diantaranya: menyehatkan jantung dan paru- paru, menguatkan tulang dan sendi, menguatkan otot dan menurunkan berat badan, memperbaiki pola tidur, dan mencegah stres yang merupakan sumber dari segala sumber penyakit.

Nah sobat, mari menghidupkan sunnah ini yang punya banyak kebaikan di dalamnya. Mulai dari 30 menit per hari, maka Insyaa Allah kita terhindar dari berbagai risiko mengalami penyakit-penyakit berat yang telah disebutkan diatas dan ikhtiar kita tuk sehat.

Wallahu a’lam


Penulis : Resti Fauziah Hidayat, dr.

Referensi:

Walking for Good Health. Better Health Channel

Benefits of Walking. Arthritis Foundation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here